Melalui Hidup Bersama Di Masa Pensiun Bersama Pasangan

Melalui Hidup Bersama Di Masa Pensiun Bersama Pasangan

Melalui Hidup Bersama Di Masa Pensiun Bersama Pasangan

Menghadapi masa pensiun pasangan tentu adalah salah satu momen kedua pasangan saat memasuki usia lanjut. Ada beberapa masalah yang biasanya muncul setelah pasangan pensiuan, bukan hanya tentang kondisi ekonomi saja, namun anda mungkin cukup cemas bagaimana pasangan menghadapi masa pensiun setelah sekian lama ia disibukkan dengan pekerjaan.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi pasangan yang pensiun serta mencegah munculnya stres. Untuk itu, ada baiknya jika anda membuat rencana sejak awal agar anda berdua lebih siap menjalani masa pensiun nanti. Simak penjelasannya berikut ini:

Melalui Hidup Bersama Di Masa Pensiun Bersama Pasangan

Sumber : Freepik

1.      Rencanakan sematang mungkin

Jika pasangan anda bekerja sebagai karyawan tentu anda tahu kapan masa pensiun pasangan tiba. Untuk itu, segera siapkan rencana finansial setelah pensiun sedini mungkin bersama pasangan. pasangan yang telah menyiapkan rencana finansial jauh-jauh hari  sebelum hari pensiun tiba, diyakini akan lebih bahagia. Selain itu, anda juga dapat mewujudkan mimpi denga pasangan yang sebenarnya tidak sempat diraih karena masih disibukkan dengan pekerjaan.

Misalnya ingin Travelling ke penjuru daerah di Indonesia. Mungkin saat ini anak-anak anda masih belum cukup umur jika ditinggal seharian dan lebih banyak waktu yang anda dan pasangan habiskan untuk mengurus pekerjaan dan urusan rumah tangga. Serta kebutuhan untuk travelling sendiri yang cukup banyak dan biaya yang besar tentu membuat mimpi ini tak segera terealisasikan.

Untuk itu, persiapkan rencana anda sebaik mungkin. Siapkan uang dan jaga kesehatan anda sejak awal. Dengan demikian, saat pasangan pensiun  anda berdua telah memiliki tabungan yang cukup dan tubuh yang sehat untuk traveling ke penjuru daerah di Indonesia.

2.      Lakukan berbagai kegiatan yang disukai bersama

Menghadapi suami yang pensiun tak selalu sulit atau senang. Mungkin dulu pasangan tak memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan berdua dengan anda. Maka saat suami pensiun ini adalah saat yang tepat anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan bersama. Anda berdua dapat memanfaatkan waktu ini untuk melakukan kegiatan yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Contohnya, anda mengikuti perlombaan olahraga atau memasak bersama. Atau anda berdua dapat bergabung dengan komunitas dan menjadi salah satu voulentis dalam kegiatan sosialnya. Anda tak perlu melakukan hal besar, anda bisa mengatur rutinitas bersama di rumah. Jika perlu anda berdua dapat membuat jadwal bersama dari pagi hingga malam. Sehingga masa pensiun akan terasa lebih menyenangkan.

3.      Selalu berikan dukungan pada pasangan

Yang tidak kalah penting saat menghadapi masa pensiun adalah berbicara dari hati ke hati dengan pasangan. Jika anda tidak tahu apa yang dipikirkan dan dirasakan pasangan, anda mungkin akan merasa kesulitan untuk memahaminya. Apalagi selama menjalin hubungan pernikahan setelah bertahun-tahun lamanya.

Untuk itu, cobalah membuat pasangan anda merasa dirinya spesial. Caranya tak susah-susah, anda bisa memulainya dengan mendengarkan setiap ceritanya dan memberikan dukungan penuh. Cobalah untuk memahami apa yang sebenarnya pasangan rasakan, apalagi pasangan anda mungkin terbiasan bekerja, kemungkinan hal ini akan mengejutkan dirinya karena tak ada kesibukan apapun memasuki masa pensiun. Ingat, komunikasi adalah hal yang penting dalam pernikahan, untuk itu selalu jaga komponen ini meskipun anda berdua menghadapi masa pensiun.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *