Mengatasi Perasaan Bersalah Terhadap Pasangan Setelah Selingkuh Dengan Bijak

Mengatasi Perasaan Bersalah Terhadap Pasangan Setelah Selingkuh Dengan Bijak

Mengatasi Perasaan Bersalah Terhadap Pasangan Setelah Selingkuh Dengan Bijak

Dalam hubungan percintaan tentu tak semalanya seseorang akan merasa bahagia, ada kalanya ia akan terluka oleh perasaan itu. Entah karena berselisih paham, ego masing-masing, hingga perselingkuhan. Pengkhianatan cinta yang dilakukan seseorang tentu menumbuhkan luka yang dalam, rasa saling percaya pun dengan mudah di hancurkan. Namun terkadang beberapa pelaku perselingkuhan ternyata turut merasa bersalah dan ingin memperbaiki hubungan seperti dulu lagi, apalagi jika ia masih mencintai pasangannya.

Mengatasi Perasaan Bersalah Terhadap Pasangan Setelah Selingkuh Dengan Bijak

Sumber : Freepik

Namun bagaimana caranya? Berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa bersalah setelah berselingkuh.

1.      Pahami apa yang membuat anda berselingkuh

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mengetahui apa yang memicu diri anda untuk berselingkuh, coba tanyakan dalam hati anda. Umumnya perselingkuhan terjadi karena seseorang tak memperoleh apa yang diinginkan dari pasangannya. Sebenarnya ada banyak alasan dan kemungkinan dibalik perselingkuhan itu. Salah satu pemicunya adalah kepuasan seksual terhadap pasangan yang rendah.

Selain itu ada alasan lainnya yakni perasaan tidak cocok dengan pasangan, rasa cinta yang perlahan hilang, jatuh cinta kepada orang lain, hingga rasa penasaran dan membutuhkan tantangan baru. Setelah anda tahu apa yang menjadi faktor utama dari perselingkuhan tersebut, maka anda dapat menentukan langkah apa yang dilakukan selanjutnya.

Perselingkuhan karena tidak cocok atau hilangnya rasa cinta menandakan sebaiknya hubungan anda diakhiri sampai disini. Sedangkan jika masih ada aspek-aspek lain dalam hubungan yang dapat diperbaik. Mulai dari komunikasi, aktivitas seks, rutinitas, maka tak ada salahnya memperjuangkan kembali hubungan anda.

2.      Putuskan untuk berkata jujur atau tidak

Seorang psikolog bernama Dr. Chloe Carmichael menjelaskan, anda dapat memilih untuk memberitahu pasagan yang sebenarnya atau justru menyembunyikannya. Jika perselingkuhan terjadi akibat kesalahan fatal yang anda lakukan, dan anda takut jika pasangan akan terluka maka sebaiknya anda menutupi kejadian tersebut.

Meskipun demikian, anda tetap wajib berkomitmen pada diri sendiri agar tidak terjebak dalam lubang yang sama lagi. Jika perlu anda dapat berkonsultasi dengan psikolog. Akan tetapi, hubungan asmara yang sehat didasari oleh kejujuran dan keterbukaan, jika anda terus dihantui perasaan bersalah aray ada masalah yang memicu anda berselingkuh maka cobalah untuk mengatakannya. Bicaralah dari hati ke hati dengan pasangan, usahakan hanya anda berdua yang terlibat dalam permasalahan ini.

Memang tidak mudah untuk berkata jujur dan mengakui kesalahan. Jangan lupa meminta maaf padanya, tekankan jika anda tak akan mengulanginya lagi. Selain itu, beritahu pasangan rencana apa yang anda buat agar hubungan kembali membaik dan pasangan dapat percaya kepada anda. Cobalah mengatakannya dengan benar.

3.      Terima apapun reaksi yang ditunjukkan oleh pasangan

Marah, kecewa dan sedih yang begitu dalam adalah reaksi yang wajar terjadi saat anda mengatakan kebenarannya pada pasangan. Entah apapun reaksi yang ditunjukkan oleh pasangan yang harus anda lakukan adalah menghargai dan menghormatinya.

Bukan hanya itu, mungkin pasangan akan mencecar anda dengan berbagai pertanyaan. Ini wajar, mengingat jika pasangan pasti ingin tahu mengapa anda bisa berselingkuh, apa alasan yang mendasari? Sejak kapan? Dengan siapa? Dan pertanyaan lain tentang perselingkuhan tersebut. anda harus sabar dan jangan sampai terbawa emosi saat menjawabnya.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *