Menyampaikan Permintaan Maaf Kepada Pasangan Dengan Mudah

Menyampaikan Permintaan Maaf Kepada Pasangan Dengan Mudah

Menyampaikan Permintaan Maaf Kepada Pasangan Dengan Mudah

Menyampaikan Permintaan Maaf Kepada Pasangan Dengan Mudah

Sumber : Freepik

Minta maaf memang tak mudah, meskipun mudah diucapkan namun nyatakan berat untuk dilakukan. apalagi jika harus meminta maaf pada orang terdekat seperti pasangan. Terkadang ego dan gengsi yang tinggi membuat kedua pasangan enggan untuk meminta maaf lebih dulu.

Bahkan saking tingginya ego salah satu pihak mengesampingkan perasaan pasangan. Sehingga hal tersebut berakhir pada pertengkaran karena kedua pihak tidak mau mengalah. Tentu hal ini justru akan memicu permasalah baru sehingga anda memancing kemarahan dan berakhir pada masalah baru. Untuk mengatasi masalah ini berikut adalah tipsnya antara lain.

1.      Mengakui kesalahan anda

Jangan mengharapkan hubungan anda dan pasangan akan berjalan mulus dan tak ada hambatan. Ada kalanya anda melakukan kesalahan yang membuat pasangan marah ataupun sebaliknya. Dibanding terus bertengkat tanpa ada ujungnya, cobalah berbesar hati untuk meminta maaf lebih dulu serta mengakui kesalahan yang anda lakukan (meskipun pemicu pertengkaran bukan hanya karena anda).

Anggaplah seperti ini, saat anda berani melakukan sebuah kesalahan, entah itu disengaja maupaun tidak, seharusnya anda memiliki keberanian untuk meminta maaf dan mengakui kesalahannya pula. Dengan begitu maka pertengkaran akan mudah reda.

2.      Minta maaf dengan setulus hati

Hubungan asmara tidak akan bertahanlama jika kedua pasangan tidak memahami satu sama lain. terutama saat anda ataupun pasangan sedang dirundung rasa sedih atau marah. Cobalah untuk mengesampingkan ego, rasa malu, dan gengsi yang selama ini menyelimuti anda. Kemudian sampaikan permintaan maaf yang setulus hati.

Jelaskan apa yang sebenarnya anda rasakan tanpa terkesan berlebihan, beri juga alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi secara terang-terangan tanpa ada yang ditutupi.

3.      Cobalah untuk memposisikan diri sebagai pasangan

Terkadang memang sulit meminta maaf kepada pasangan karena diri sendiri tak merasa ada yang salah. Atau dalam istilah lain anda merasa jika semuanya baik-baik saja. Padahal, pada kenyataanya pasangan anda sedang dilanda kekesalan dan kecewa atas sikap dan perbuatan anda sebelumnya.

Jika hal ini terjadi, cobalah memposisikan diri sebagai pasangan anda. Pikirkan betul tentang kemungkinan apa yang anda rasakan apabila dihadapkan dengan situasi seperti yang dirasakan oleh pasangan. misalnya, pasangan merasa anda terlalu dekat dengan rekan kerjan (lawan jenis) di kantor tapi anda merasa tidak demikian. Anda menganggap jika kedekatan dengan orang tersebut hanyalah sebatas rekan kerja tidak lebih. Untuk itu, cobalah pikirkan dan posisikan diri anda sebagai pasangan dengan segala perilaku yang anda lakukan dengan rekan kerja anda tersebut. Apakah anda tetap menganggap biasa saja atau anda bisa merasakan perasaan pasangan?

4.      Jangan sampai terbawa emosi

Setelah anda berani mengakui kesalahan yang dilakukan, maka selanjutnya jangan sampai terbawa emosi apabila pasangan belum puas atas penjelasan anda. Jangan menyiram minyak pada sumbu api, jika tidak ingin amarah pasangan semakin menjalar kemana-mana dan semakin membesar.

Bukannya memaksa pasangan untuk menerima permintaan maaf anda, cobalah untuk menenangkan diri sendiri terlebih dahulu. Pejamkan mata anda dan latihan pernapasan sebelum melanjutkan pembicaraan, hal ini akan membantu anda untuk meredam emosi. Meluapkan emosi dengan cara yang kurang tepat justru akan memicu masalah baru dalam hubungan anda.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *