Merasa Sakit Saat Berhubungan Seks? Apa Penyebabnya?

Merasa Sakit Saat Berhubungan Seks? Apa Penyebabnya?

Merasa Sakit Saat Berhubungan Seks? Apa Penyebabnya?

Sakit saat sedang berhubungan seks dengan pasangan ternyata tidak hanya dialami oleh pasangan suami istri yang baru pertama kali melakukan hubungan intim. Akan tetapi pasangan yang lama menikah dan mungkin telah memiliki anak, juga dapat mengalaminya. Menurut seorang pakar uroginekologi bernama Dr. Cherly Bernadette Iglesia, MD sering menangani kasus pasien yang merasa sakit saat berhubungan seks. Dr. Cherly berpendapat jika ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang meara sakit saat berhubungan intim.

Merasa Sakit Saat Berhubungan Seks? Apa Penyebabnya?

Sumber : Freepik

Sakit saat berhubungan intim dianggap hal yang normal

Jika merasa sakit saat berhubungan seks hanya terjadi saat melakukan posisi seksual tertentu itu tergolong sebagai hal yang normal. Hal ini berkemungkinan jika anda merasa tidak nyaman dengan posisi tersebut. namun jika anda merasa kram setelah berhubungan seksual, bisa disebabkan oleh otot area pelvis yang kelelahan. Hal ini sama seperti saat anda merasa kram setelah melakukan olahraga berat.

Dr. Cheryl berpendapat jika hal yang perlu anda garisbawahi adalah semua wanita yang aktif berhubungan seksual, pasti akan merasa sakit saat melakukannya pada waktu tertentu. Namun, hal itu tergantung pada tingkat keparahan dan frekuensi sakit yang dialami. Apabila anda merasa sakit setiap kali berhubungan seksual dengan padangan. Atau skala kesakitan berada pada level 7 sampai 9 dalam skala 10. Maka ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

Rasa sakit saat berhubungan seks bisa disebabkan oleh infeksi

Jika anda mengalami infeksi hamur vagina, maka hal ini akan membuat anda merasa sakit saat berhubungan seks dengan pasangan. Infeksi jamur akan membuat jaringan vagina membengkak, sehingga mempengaruhi kemampuan vagina untuk mengeluarkan pelumas saat berhubungan seks. Di tambah lagi jaringan di vagina masih bengkak, kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Untuk itu, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan medis dengan dokter. Jika dokter menginformasikan jika anda mengalami infeksi jamur di vagina maka sebaiknya anda tidak melakukan hubungan seks dengan pasangan sampai benar-benar sembuh dari infeksi.

Merasa sakit saat berhubungan seks disebabkan vaginismus

Jika anda merasakan kram yang sangat parah, hingga membuat liang vagina menutup dan terasa menyakitkan saat berhubungan seks mungkin saja anda mengalami vaginismus. Kondisi ini dapat menyebabkan otot pelvis berkontraksi dan menjadi ketat setiap kali ada sesuatu yang masuk ke area vagina (termasuk penis).

Vaginismus menyebabkan bunda merasa kesakitan saat penetrasi, sakit yang dirasakan seperti terbakar dan ada sesuatu yang menghantam dinding dengan keras. Perlu anda ketahui jika vaginismus dialami sekitar 0,5 hingga 1 persen wanita di dunia. Bila dibiarkan hal ini dapat menyebabkan trauma berhubungan seks sehingga vagina menolak saat penetrasi.

Dr. Cherly berpendapat jika hal ini termasuk masalah mental. Sebab wanita mengantisipasi rasa sakit secara refleks otot pervis akan mengetat sehingga mencegah benda apapun masuk dalam vagina. Namun anda tak perlu takut, karena vaginismus dapat diobati. Anda dapat melakukan terapi fisik untuk membuat otot vagina lebih rileks. Untuk itu, saat anda mengalami kondisi ini, segeralah hubungi dokter agar masalah tidak semakin membesar.

Sakit saat berhubungan seks dan menstruasi

Endometiosis merupakan salah satu penyebab yang paling umum ditemui, hal ini membuat wanita merasa sakit saat berhubungan seks. Pernyakit ini dialami oleh 1 dari 10 wanita. Kondisi ini terjadi saat dinding rahim tumbuh diluar rahim, rasa sakit bukan hanya saat berhubungan seks saja namun juga saat menstruasi. Penyakit ini juga membuat wanita sulit memiliki keturunan.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *