Suka Mencium Bau Badan Pasangan? Simak Penyebabnya

Suka Mencium Bau Badan Pasangan? Simak Penyebabnya

Suka Mencium Bau Badan Pasangan? Simak Penyebabnya

Mungkin sebagian dari anda senang menciumi bau parfum pasangan, wangi pakaian pasangan yang baru dicuci, atau harum rambutnya setelah keramas. Akan tetapi, apakah anda mengetahui jika aroma yang anda sukai tersebut ternyata berasal dari badan pasangan sendiri. Kira-kira apa yang membuat orang-orang menyukai bau badan pasangannya? Untuk lebih jelasnya anda dapat menyimak pembahasan berikut ini.

Suka Mencium Bau Badan Pasangan? Simak Penyebabnya

Sumber: Freepik

Dibalik harumnya bau badan pasangan, terdapat penjelasan ilmiahnya

Secara alami, bau badan termasuk bagian dari daya tarik seksual seseorang terhadap lawan jenisnya. Anda mungkin tertarik pada lawan jenis dengan wajah yang tampan atau kepintarannya. Namun, aroma yang keluar dari tubuh seseorang ternyata memberikan pengaruh yang besar dan memberikan daya tarik tersendiri.

Dari segi biologis, aroma tubuh bisa menandakan seberapa potensial seseorang untuk menjadi pasangan dan menghasilkan keturunan. Bau badan yang nikmat untuk dihirup juga merupakan tanda tubuh yang sehat. Untuk memahami bagaimana mekanismenya, dalam sebuah penelitian yang dilakukan agar mengetahui alasan beberapa orang menyukai bau badan pasangannya.

Sekitar 44 orang pria diminta memakai kaos baru selama 2 malam berturut-turu. Setelah itu, barulah mereka diminta untuk mengganti pakaiannya. Sedangkan para wanita diminta untuk mencium bau kaos tersebut sekaligus menentukan bau manakan yang mereka sukai. Ternyata, para wanita lebih menyukai kaos yang dipakai pria dengan susunan sistem kekebalan tubuh yang berbeda dengan dirinya. (Sistem kekebalan tubuh sendiri mengandung lebih dari 100 kode genetik atau disebut dengan major histocopatibility complex (MHC)).

Perbedaan yang membuat susunan sistem kekebalan tubuh manusia menjadi beragam terdapat pada kode genetik tersebut. kode genetik tersebut membantu sistem kekebalan tubuh untuk mengenali patogen (penyakit). Pasangan dengan kode genetik yang berbeda memiliki peluang keturunan dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, hal itu karena kode genetiknya yang lebih bervariasi.

Dengan demikian, anda menyukai bau pasangan menandakan jika ada kode genetik yang berbeda dalam sistem kekebalan tubuh pada anda berdua. Sehingga, secara biologis hal ini akan memberikan keuntungan karena keturunan anda berdua akan lebih tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

Hormon tubuh berpengaruh pada bau badan pasangan

Setiap orang tentu memiliki kode genetik yang berbeda-beda sehingga karateristik hormon ynag dihasilkan pun saling berlawanan. Sehingga, bau badan yang diciptakan pun semakin beragam. Hormon feromon merupakan hormon yang turut ambil andil pada penciptaan keunikan bau badan seseorang. Feromon sendiri sebenarnya merupakan sinya kimiawi yang dihasilkan hewan untuk memengaruhi perilaku hewan lain dari spesies yang sama, pada proses berkembang biak.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Repirology, fungsi hormon feromon sendiri pada wanita diduga berasal dari senyawa 4,16-androstadien-3-one (AND). Sedankan pada kalangan pria, fungsi tersebut terdapat pada hormon androstone. Menyukai bau badan pasangan menjadi sebuah fenomena yang unik.

Dari sisi biologis, kecintaan mencium bau badan pasangan seringkali dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat pada umumnya. Sehingga anda tak perlu merasa aneh jika merasa tenang saat mencium bau badan pasangan yang menempel pada selimut, ataupun pakaiannya. Hal ini adalah hal yang wajar dan telah dijelaskan secara ilmiah.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *