Terlalu Takut Berkomitmen Akan Membuat Hubungan Hancur, Simak Cara Mengatasinya

Terlalu Takut Berkomitmen Akan Membuat Hubungan Hancur, Simak Cara Mengatasinya

Terlalu Takut Berkomitmen Akan Membuat Hubungan Hancur, Simak Cara Mengatasinya

Mungkin sebagian dari anda mengalami masalah terhadap komitmen dalam sebuah hubungan. Mereka menganggap komitmen adalah hal yang menakutkan karena harus menepati janji yang disepakati bersama mungkin anda masih kesulitan bagaimana cara menjaga janji tersebut.

Terlalu Takut Berkomitmen Akan Membuat Hubungan Hancur, Simak Cara Mengatasinya

Sumber Freepik

Bagi anda yang mengalami kondisi di atas, cobalah beberapa tips berikut ini untuk menghadapi rasa takut untuk berkomitmen dengan pasangan. simak lebih jelas berikut ini.

Tips membuat komitmen dengan pasangan

Dikutip dari Psych Alive, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa takut untuk berkomitmen dalam sebuah hubungan. Memang hal ini tak akan berubah dalam waktu yang singkat, tentu anda membutuhkan waktu yang lama. Namun, jika anda yakin dan bersabar, maka hubungan anda akan lebih baik lagi. Simak tipsnya di bawah ini:

1.      Berhenti membohongi diri sendiri

Langkah pertama untuk membuat komitmen dengan pasangan adalah berhenti membohongi diri sendiri. cobalah tanyakan pada diri anda sendir, apa makna hubungan tersebut. tak perlu melihat orang lain untuk mencari jawaban karena hal tersebut belum tentu persepsi mereka sama dengan anda.

Dengan demikian, setidaknya anda tahu kualitas seperti apa yang ingin dicari daam sebuah hubungan tanpa dipengaruhi pendapat orang lain. Cara ini dapat mengurangi rasa takut untuk berkomitmen, agar anda menentukan langkah selanjutnya.

2.      Menambahkan kepercayaan diri

Langkah lain yang dapat mengatasi rasa takut berkomitmen adalah meningkatkan rasa percaya diri. namun, perlu diketahui jika anda bisa melakukan hal tersebut tanpa perlu melibatkan perasaan orang lain. artinya, anda dpaat mengerjakan hobi yang disukai tanpa memikirkan komentar orang lain yang sewaktu-waktu dapat mengubah diri sendiri.

Apabila pendapat orang lain merupakan hal yang anda perjuangkan, umumnya perjuangan tersebut hanya akan bertahan sebentar. Maka dari itu, bentuk diri sendiri melalui prinsip yang anda pegang teguh. Dengan demikian, anda dapat lebih menikmati hubungan tanpa memikirkan apa yang dikatakan orang lain.

3.      Memulai hubungan dengan perlahan

Salah satu kunci untuk membuat komitmen dalam hubungan ialah menjalaninya dengan perlahan. Saat anda telah berhasil jujur dengan diri sendiri dan rasa percaya diri telah tumbuh, sudah saatnya untuk kembali menjalin hubungan asmara dengan orang lain. cobalah untuk mengenali pasangan anda selama mungkin untuk tahu siapa dia sebenarnya dan apakah anda memiliki visi yang sama dengannya. Memang pebedaan dalam hubungan tidak buruk. Akan tetapi, jika terlalu berbeda, terutama tentang prinsip hidup, hanya akan menyulitkan hubungan anda dan pasangan.

4.      Berkonsultasi dengan psikolog

Jika ketiga cara di atas tak memberikan anda solusi yang tepat untuk mengatasi rasa takut membuat komitmen, maka tak ada salahnya untuk menemui psikolog atau tenaga profesional lainnya. Dengan meminta bantuan ahli, anda dapat mengenal diri sendiri lebih dalam dan memahami pengalaman di masa lalu. Sehingga anda dapat mengetahui penyebab mengapa rasa takut terhadap komitmen terus ada dan semakin parah.

Pahami jika pengalaman akan membuat anda tumbuh dan berkembang. Jadikan pengalaman dan rasa takut anda menjadi bahan evaluasi untuk mengevaluasi diri. cara terbaik membuat komitmen dengan pasangan dalam sebuah hubungan akan sulit dan membutuhkan waktu yang lama.

Jika anda masih kebingungan dengan penjelasan di atas anda dapat menghubungi layanan kami melalui website kami di maragama.com atau menghubungi kontak WhatsApp kami 081229675588.

Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua, salam sehat jiwa!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *